Notification

×

Iklan

Iklan

Jalani Hypnotherapy, Segini Biaya yang Harus Disiapkan

Sunday, August 01, 2021 | Sunday, August 01, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-03T11:08:55Z

 


Jalani Hypnotherapy, Segini Biaya yang Harus Disiapkan!


Hypnotherapy adalah salah satu pengobatan untuk mengatasi masalah psikologis dengan mengaplikasikan teknik hypnosis. Biaya hypnotherapy biasanya gak murah, beberapa klinik mematok harga dengan kisaran Rp500 ribu – Rp1 juta untuk satu kali pertemuan.


Metode hypnotherapy termasuk cukup efektif untuk menyelesaikan masalah psikologis karena metode ini mampu menjangkau pikiran bawah sadar seseorang. Hal ini bisa mengubah pikiran, perasaan hingga perilaku seseorang ke arah yang lebih baik. 


Hypnotherapy juga mampu mengatasi beberapa keluhan lainnya, seperti meningkatkan kepercayaan diri bahkan membantu menurunkan berat badan tanpa harus diet. 


Untuk informasi lebih jelas mengenai hypnotherapy dan biayanya, berikut ini penjelasan detail lengkapnya!

 

Syarat melakukan hypnotherapy


Sebelum melakukan hypnotherapy, kamu perlu mengetahui beberapa persyaratannya. Apa saja?


  1. Kamu harus memiliki keinginan kuat untuk sembuh atau berubah. Jangan sampai kamu mengikuti hypnotherapy karena terpaksa. 
  2. Pastikan bahwa kamu berada dalam keadaan normal, sehat, dan bisa berkomunikasi dengan baik. Sebab, hypnotherapy tidak diperuntukan bagi anak kecil yang belum bisa bicara dengan lancar, atau seseorang dengan gangguan mental yang gak bisa nyambung.
  3. Jika klien adalah anak-anak, sebaiknya datang bersama orangtua untuk membantu berkomunikasi. Nantinya, hypnotherapist akan mengajarkan mengatasi masalah anak di rumah.

Kenapa seseorang perlu melakukan hypnotherapy?

Hypnotherapy gak hanya bermanfaat untuk kamu yang sedang bermasalah, tetapi juga untuk orang yang ingin berubah menjadi lebih baik. 

Ini dia beberapa alasan kenapa kamu memang membutuhkan hypnotherapy.


1. Ada masalah yang ingin diselesaikan

Adanya masalah dalam hidup tentu membuat kamu jadi gak nyaman, gelisah, dan gak bahagia. Untuk itu, kamu harus menyelesaikan masalahmu dengan baik, salah satu caranya yakni dengan melakukan hypnotherapy.


2. Rasa gak nyaman yang terus meningkat

Jika perasaan gak nyaman kamu terus saja meningkat, itu menunjukan bahwa kamu membutuhkan terapi ini untuk mengurangi rasa nyaman tersebut.


3. Ingin hidup lebih baik

Salah satu manfaat hypnotherapy yakni memperbaiki kualitas hidup menjadi lebih baik. 


4. Butuh seseorang yang dipercaya untuk curhat

Ketika ada masalah, kamu pasti bingung memilih seseorang yang bisa kamu ajak untuk mencurahkan isi hatimu. Dengan hypnotherapy, kamu bisa menceritakan segala uneg-unegmu tanpa ada yang akan mun-judgemu atau menyalahkanmu.


5. Gak tahu caranya memaksimalkan pikiran

Jika kamu belum bisa mengontrol dan memaksimalkan pikiranmu, sebaiknya kamu datang dan bertemu dengan hypnotherapist untuk mengatasinya. 


Hal yang harus disiapkan sebelum melakukan hypnotherapy

Sebelum melakukan hypnotherapy, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Salah satunya yakni kamu harus mencari informasi sebanyak mungkin soal hypnotherapy. 

Selain itu, sebaiknya kamu berkonsultasi dulu pada dokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah masalahmu memang membutuhkan hypnotherapy atau tidak. 

Nantinya terapis akan melakukan wawancara, dan memastikan bahwa kamu memang siap dan memiliki niat untuk melakukan hypnotherapy.

Kamu juga harus memastikan bahwa terapis yang kamu pilih terpercaya dan sudah ada surat izin praktiknya. Sebab, ada juga terapis abal-abal yang malah membuat kamu jadi gak nyaman.

Selain itu, mengetahui kualifikasi terapis juga penting karena keahlian terapis nantinya akan berdampak pada pengalaman hypnotherapy yang kamu alami. 


Proses tahapan hypnotherapy

Ada beberapa tahapan saat melakukan hipnoterapi

Pre talk

Tahap pertama yakni dengan penggalian informasi oleh hypnotherapist. Terapis akan mencari tahu hal-hal yang membuat kamu melakukan kebiasaan buruk, depresi, hingga mengalami trauma.

Saat melakukan pre talk, sebaiknya kamu harus jujur dengan masalah yang kamu hadapi. Kamu harus terbuka dan gak boleh malu untuk mengungkapkan masa lalumu. Sebab, informasi ini sangat penting bagi hypnotherapist untuk mendiagnosa masalah dan cara menyelesaikannya.


Analisis SWOT

Kamu bisa melakukan tahapan ini dengan mengetahui strengths, weaknessopportunities, dan threats diri kamu. 

Kamu harus merenungkan apa yang menjadi kekuatan dan kelemahanmu. Sebab, faktor ini bisa membuat kamu semakin yakin untuk berubah.



Pra induksi

Tahap ini, kamu akan mulai masuk dari gelombang alpha (sadar) menuju gelombang theta (gelombang otak pada frekuensi 3hz-8h, setengah tertidur). 

Dalam kondisi ini kamu akan setengah mengantuk, rileks, namun tetap sadar dan sugesti akan dengan mudah masuk saat kondisi ini. Tahapan ini akan menjadi penentu hypnotherapy-mu berhasil atau tidak.


Tahap hypnosis

Tahap ini terjadi dengan memasukan sugesti. Pada tahap ini tubuh juga akan merasa ringan dan dalam keadaan setengah mengantuk tetapi gak tidur sepenuhnya. 

Pada tahap ini, therapist akan memberikan sugesti satu per satu dan gak terlalu banyak.


Tahap posthypnotic suggestion

Sugesti tetap akan ada setelah tahap hypnosis selesai. Tujuan dari tahap ini yakni agar perilaku pasien bisa terbentuk sesuai harapan. 

Misalnya, yang tadinya minder, pasien akan jadi bersemangat ketika melihat benda-benda di sekeliling.


Termination

Proses hypnotherapy pun selesai. Kamu akan kembali menuju alam sadar tetapi gak langsung di angunkan. Ada kata-kata yang akan membuatmu bangun dengan konndisi yang lebih baik.

 

Efek samping hypnotherapy

Seperti yang sudah disarankan di atas, sebelum melakukan hypnotherapy kamu harus mencari tahu informasi sedetail mungkin dan penuh keyakinan. 

Pasalnya, salah satu risiko melakukan hypnotherapy yakni kembalinya ingatan tentang masa lalumu yang bisa jadi cukup mengganggu. 

Risiko lain setelah melakukan hypnotherapy yakni menimbulkan rasa pusing, mengantuk, sakit kepala, hingga rasa cemas. Kondisi yang berisiko lain yakni pasien dengan gangguan mental bisa mengalami halusinasi.

Jadi, lebih bijak untuk meminta saran dan pertimbangan dari psikiater sebelum melakukan hypnotherpy. Sebab, jika salah memilih bisa membuat kamu jadi gak nyaman. 


Adakah jaminan kesembuhan hypnotherapy?

Umumnya, tidak ada hypnotherapist yang menjanjikan kesembuhan total untuk pasiennya. Jaminan dari metode hypnotherapy berdasarkan standar tinggi sesuai dengan Quantum Hypnotherapeutic Protocol. 

Di mana, kesembuhan dan keberhasilan akan ditentukan oleh kerjasama yang bagus antara pasien dan hypnotherapist. Jika tak ada kerjasama yang baik, tentu saja hasil hypnotherapy ini akan sia-sia.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu harus memiliki komitmen yang maksimal juga dengan melakukan setidaknya empat kali hypnotherapy.


Estimasi biaya hypnotherapy

Konsultasi dan biaya hypnotherapy biasanya biasanya tergantung pada seberapa berat masalah pasien. Jika pasien hanya mengalami masalah ringan, mungkin cukup dengan melakukan 1-2 terapi saja.

Melansir dari laman practo.com, untuk layanan hypnotherapy klinis di Jakarta, biaya untuk berkonsultasi dalam satu kali sesi yakni sekitar Rp600 ribu – Rp1 juta.

Untuk total biaya keseluruhan hingga empat sesi pertemuan, mungkin kamu bisa menanyakan langsung pada klinik layanan hypnotherapy. Pastikan dokter yang menangani hypnotherapy-mu sudah bersertifikat semua, ya!

 

No comments:

×
Berita Terbaru Update