Temukan Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Pernafasan

Redaksi New Jurnalis
0
Cangkir ditempatkan pada rusuk bagian bawah dengan posisi klien tengkurap.


Seberapa baik klien Anda bernapas?

Itu bukanlah sesuatu yang biasanya kami tanyakan saat masuk, dan kemungkinan besar itu bukan sesuatu yang biasanya dikatakan klien kepada kami; namun, semakin banyak populasi yang berjuang dengan fungsi kompleks dan menyelamatkan nyawa—bernafas—yang kita lakukan sekitar 960 kali setiap jam.


Kemungkinan besar Anda memiliki klien yang sudah lama menderita penyakit pernapasan, namun tidak menyadari bahwa pijatan Anda dapat membantu meringankan gejala atau ketidaknyamanan mereka.


American Lung Association menyatakan bahwa lebih dari 34 juta orang Amerika berjuang dengan kondisi paru-paru kronis seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (COPD), dan bronkitis. Penelitian yang dilakukan oleh Cystic Fibrosis Foundation memperkirakan bahwa sekitar 40.000 orang Amerika berjuang melawan fibrosis kistik setiap tahunnya. Gejalanya berkisar dari ketegangan di dada dan tulang rusuk serta batuk tidak produktif hingga rasa tidak enak badan dan kelelahan umum.


Banyak klien tidak menyadari bahwa postur tubuh mereka yang buruk telah menyebabkan pola pernapasan tidak berfungsi. Hal ini menyebabkan pernapasan menjadi dangkal, sakit kepala, kecemasan, gangguan temporomandibular (TMD), dan penurunan rentang gerak serviks atau toraks. Fungsi sistem pernapasan yang buruk bisa sama meresahkannya dengan postur tubuh yang buruk atau otot yang lemah.


Bekam untuk kesehatan pernapasan dapat membantu klien bernapas lebih baik. Di sini, kami akan membahas kondisi pernafasan yang lebih umum yang mungkin Anda lihat di meja Anda. Dengan memperoleh lebih banyak pengetahuan tentang bagaimana terapi bekam dapat mendukung sistem pernapasan klien, Anda dapat memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan populasi orang yang hidup dengan kondisi pernapasan.


Kondisi Paru

Peradangan kronis secara radikal mengubah fungsi integral paru-paru kita. Umumnya, hal ini akan menurunkan aliran udara, mengubah struktur saluran napas, menciptakan jaringan parut, dan mengganggu keseimbangan homeostasis imunologi paru-paru, sehingga menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.


Peradangan dapat ditemukan pada jaringan otot di sekitarnya akibat batuk terus menerus, mengi, atau pernapasan dangkal. Ini dapat membatasi pergerakan darah, getah bening, oksigen dan nutrisi penting lainnya.


Banyak dari kondisi ini mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh yang penting yang disebut eskalator mukosiliar. Kolaborasi antara silia dan lendir membantu menjebak dan menghilangkan bakteri, virus, dan patogen lainnya. Bentuk lendir yang lengket dan seperti gel membuatnya ideal untuk menangkap mikroba asing, partikel berbahaya, dan penumpang patogen lainnya saat meluncur di sepanjang silia 1 . Silia yang sehat saling berdetak secara berirama untuk membantu mendorong lendir ke saluran pernapasan bagian atas untuk dikeluarkan melalui batuk atau menelan. Banyak kondisi pernapasan yang mengganggu fungsi yang sangat diperlukan ini.


Cangkir diletakkan di punggung atas dan samping dengan posisi klien tengkurap.


Penurunan Fungsi & Distorsi Postur

Pernapasan fungsional lebih dari sekadar memiliki paru-paru yang sehat; postur juga memainkan peran penting. Saat kita melihat lebih banyak postur kepala ke depan dan sindrom silang tubuh bagian bawah, ketegangan struktur kita terganggu. Efek riak yang ditimbulkannya terhadap kemampuan kita bernapas sangat besar.


Postur kepala ke depan lebih dari sekedar disfungsi muskuloskeletal. Dalam beberapa kasus, kepala merayap ke depan untuk membersihkan jalan napas dari halangan; justru ketika kita menambahkan posisi melihat ke bawah maka kita memutus fungsi optimal saluran napas. Bahu yang membulat ke depan menekan dada, membatasi pergerakan tulang rusuk dan memperpendek batang tubuh, mengurangi ruang yang dimiliki paru-paru dan diafragma untuk berfungsi dan meningkatkan tekanan intra-abdomen. Otot-otot yang berhubungan dengan pernapasan menjadi memendek secara adaptif atau menjadi tegang dan meregang berlebihan.


Pikirkan beberapa otot yang membantu dalam setiap fase pernapasan tetapi juga memainkan peran penting dalam postur kita: diafragma, skalen, sternokleidomastoid , pectoralis minor, serratus (anterior dan posterior superior dan inferior), dan quadratus lumborum , dan masih banyak lagi. . Jika terjadi ketidakseimbangan otot pada struktur tersebut, maka akan terjadi penurunan fungsi pernafasan. Klien kemungkinan besar akan datang dengan keluhan sakit kepala, TMD, mobilitas serviks atau toraks terbatas, nyeri punggung, dan pernapasan dangkal.


Bekam untuk Kesehatan Pernafasan

Sepanjang waktu, cangkir telah digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk untuk membantu menghilangkan racun, menyeimbangkan empat cairan, dan membantu rasa sakit fisik dan mental. Ahli akupunktur dan dokter di budaya lain telah menggunakan cangkir selama beberapa generasi untuk meredakan batuk dan pilek. Saat ini, orang Barat lebih mengenal cangkir karena kemampuannya meningkatkan rentang gerak dan mengurangi nyeri otot. Penelitian terbaru juga menunjukkan manfaat bekam bagi kesehatan pernafasan


Menambah ruang adalah awal terbaik saat berupaya meningkatkan fungsi pernapasan. Tekanan negatif dari bekam sangat cocok untuk ini. Tubuh secara alami merespons pengangkatan otot dari ruang hampa dengan menstimulasi mekanoreseptor refleksif untuk membantu mengurangi ketegangan otot. Dengan demikian, otot aksesori yang terbatas pada tulang rusuk akan lebih leluasa bergerak untuk mengembang saat inspirasi.


Pengangkatan dan dekompresi jaringan ini juga akan membantu melepaskan fasia yang tersangkut dan menempel. Hal ini akan bermanfaat bagi setiap klien dengan kondisi pernapasan atau kyphotic atau postur kepala ke depan.


Cangkir mendekompresi jaringan, yang menyebabkan vasodilatasi , meningkatkan kemampuan tubuh untuk memindahkan cairan lebih bebas atau meningkatkan pertukaran cairan 2 . Vasodilatasi adalah respons tubuh terhadap mikrotrauma yang dapat dirangsang oleh bekam. Ini penting dalam evolusi siklus peradangan. Sebuah penelitian pada tahun 2022 3 menunjukkan bekam memiliki efek positif pada peradangan dan integritas jaringan paru setelah cedera paru pada tikus. Para peneliti mengkonfirmasi bahwa bekam mengurangi peradangan dan edema sekaligus mengurangi kematian sel, sehingga membantu fungsi paru-paru agar tidak menurun.


Bekam terapeutik juga mendukung pergerakan hemodinamik. Sebuah penelitian pada tahun 20164 menunjukkan bahwa terapi bekam akan meningkatkan asupan oksigen lokal dan meningkatkan aktivitas hemodinamik; Namun, ditemukan bahwa meskipun kadar hemoglobin meningkat dengan bekam, peningkatan tersebut tidak cukup signifikan untuk meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.


Bekam juga dapat meningkatkan neovaskularisasi 2 . Seiring berjalannya waktu dan lebih banyak penelitian yang dilakukan, akan menarik untuk melihat apa peran lebih lanjut hal ini dalam membantu jaringan paru-paru.


Merawat diafragma dan paru-paru membantu mendekompresi jaringan di sekitarnya dan juga melepaskan ketegangan melalui fasia regional dan mungkin ke lapisan pleura atau paru-paru. (Cangkir memiliki kemampuan mencapai hingga empat inci ke dalam jaringan.) Diafragma yang ketat dapat menyebabkan penurunan kadar oksigen, sesak dada, dan sesak napas. Jika Anda belum terbiasa menangani diafragma atau tidak yakin dengan palpasi Anda, bekam memberi Anda pengobatan tidak langsung untuk membantu klien sampai Anda merasa nyaman menanganinya secara langsung.


Bekam membantu menghilangkan cairan interstisial yang stagnan, darah tua dan getah bening; serta limbah metabolik dan seluler dari jaringan terbatas. Ke mana pun cangkir Anda pergi, cairan tubuh akan mengikuti. Pernahkah Anda mengeluarkan cangkir, dan melihat tisu klien tampak padat dan bengkak? Itu adalah puing-puing yang tergenang yang kini ditarik oleh ruang hampa dari cangkir itu ke dalam satu ruang.


Kondisi paru-paru biasanya menurunkan fungsi sistem limfatik. Bekam adalah cara yang bagus untuk mengatasi stagnasi getah bening dengan cepat dan memberikan hasil yang luar biasa. Bekam terapeutik untuk drainase getah bening dapat membantu sistem limfatik memproses racun lingkungan, obat-obatan lama, dan limbah seluler sekaligus meningkatkan pergerakan sel darah putih. Hal ini juga dapat sangat membantu bagi klien yang sering duduk, terutama dengan postur kyphotic. Saat kita dalam posisi duduk, kita menurunkan kemampuan sistem limfatik untuk memompa getah bening secara sentripetal.


Bekam membantu batuk dan hidung tersumbat melalui mekanisme tekanan negatif yang kuat. Ingat eskalator mukosiliar? Memanfaatkan vakum cawan yang tercipta pada jaringan, disertai dengan kedalaman penetrasi cawan, akan membantu mengendurkan lendir yang tersumbat, membebaskan silia sehingga memungkinkan lendir bergerak melalui saluran pernapasan untuk dibuang.


Menambahkan tapotement di atas cangkir Anda menciptakan perawatan ganda dengan menghasilkan gelombang energi yang sama seperti yang Anda buat saat memukul dengan tangan tetapi ditambah dengan dekompresi jaringan, membantu meringankan kemacetan di dada.


Bekam juga mendekompresi ujung saraf, membantu jaringan lunak menjadi kurang sensitif. Klien pasti akan memiliki otot yang sangat lembut saat disentuh akibat ketegangan kronis. Efek menenangkan dari bekam pada saraf memungkinkan Anda melakukan perawatan sesuai kebutuhan sekaligus membuat klien Anda merasa nyaman selama prosesnya.


Terapi bekam seharusnya tidak ada salahnya. Jika menempelkan bekam ke bagian tubuh mana pun menyebabkan klien merasa nyeri atau tidak nyaman, segera sesuaikan tekanannya atau gunakan teknik bekam yang berbeda.



Kontraindikasi Bekam untuk Kesehatan Pernafasan

Anda mengenal klien Anda lebih baik dari siapa pun; pertimbangkan riwayat kesehatan, pengobatan, dan kehidupan aktif sehari-hari mereka untuk membantu merumuskan rencana perawatan pribadi yang sesuai. Ingat, jika suatu kondisi dikontraindikasikan untuk pemijatan, maka kondisi tersebut juga dikontraindikasikan untuk bekam. Jika klien Anda mempunyai penyakit pernafasan dan Anda tidak yakin apakah terapi bekam tepat untuk mereka, mintalah klien Anda berbicara dengan dokternya atau atur agar mereka berbicara dengan Anda untuk mendiskusikan bekam dan dampaknya.


Selain itu, ingatlah bahwa penting untuk memastikan tekanan isap dan jumlah waktu penggunaan cangkir dalam sesi tersebut sesuai dengan riwayat kesehatan dan vitalitas klien.


Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menangani klien yang menderita COVID jangka panjang atau dirawat di rumah sakit karena COVID-19. Studi yang dilakukan oleh American Society for Hematology menunjukkan bahwa kasus COVID yang parah dikaitkan dengan peningkatan risiko tromboemboli 5 . Risiko tersebut meningkat bila disertai dengan penyakit penyerta yang sudah ada sebelumnya.


COVID yang berkepanjangan dapat menyebabkan hipertensi; oleh karena itu, meskipun seseorang adalah klien lama, tanyakan apakah mereka sedang mengonsumsi obat baru.


Wanita memiliki peningkatan risiko terkena sindrom takikardia ortostatik postural, yang dapat menurunkan tekanan darah secara drastis, sehingga menyebabkan pusing dan pingsan saat berdiri. Ingatkan klien untuk meluangkan waktu ketika bergerak setelah sesi mereka. Jika perlu, berikan lebih banyak waktu di akhir sesi.


Pertimbangan terapi bekam umum Anda akan selalu berlaku: jika klien Anda memiliki kelainan pembekuan: trombosis vena dalam, emboli paru, atau tromboemboli, bekam merupakan kontraindikasi.


Bawa Bekam ke Meja Anda

Pikirkan semua klien Anda. Apakah ada di antara mereka yang menderita postur kepala ke depan, bahu membulat, asma, PPOK, sakit kepala, pernapasan pendek, fibrosis kistik, bronkitis kronis, dada tersumbat, atau Long COVID ? Jika ya, Anda mempunyai klien yang bisa mendapatkan manfaat dari terapi bekam.


Manfaat bekam berkisar dari meningkatkan mobilitas otot yang berhubungan dengan pernapasan, melepaskan kemacetan dada, meningkatkan respon inflamasi, dan meningkatkan aliran darah ke jaringan iskemik. Bekam dapat mengangkat otot dan fasia yang tegang, membantu menciptakan ruang di area yang sebelumnya tertutup dan terbatas. Hal ini dapat memberi tubuh lebih banyak ruang untuk membantu melakukan fungsi penyelamatan nyawa yang paling penting: Pernapasan


Tanyakan kepada klien apakah mereka ingin melakukan bekam dalam sesi mereka, dan ajaklah mereka untuk mencoba beberapa pekerjaan untuk membuka dada dan tulang rusuk. Biarkan mereka merasakan perbedaannya, obati satu sisi, minta mereka bernapas dalam-dalam, dan bandingkan sisi yang diberi obat dan yang tidak.


Saat Anda melakukan asupan klien, tanyakan pada klien bagaimana perasaan mereka saat bernapas. Jika Anda merawat klien yang jaringannya sangat ketat dan terbatas karena postur tubuh yang buruk atau membantu klien yang berjuang dengan kondisi paru-parunya, manfaat terapi bekam untuk kesehatan pernapasan dapat memberikan bantuan dan kelegaan yang besar.


Bekam adalah pengobatan serbaguna atau dapat dengan mudah ditambahkan dengan modalitas lain. Bekam terapeutik menawarkan terapi dekompresi unik yang membantu menciptakan ruang dalam tubuh.

Tags

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*