ALAM BAWAH SADAR ADALAH MEMORI KITA

Redaksi New Jurnalis
0

 


Hipnoterapi Bekerja dengan Mengubah Alam Bawah Sadar

Hipnoterapi adalah tipe terapi yang menggunakan hipnosis, yaitu tindakan memasuki alam bawah sadar seseorang untuk memberikan sugesti tertentu. Pada kasus depresi, hipnoterapi bertujuan untuk membuat seseorang fokus dan rileks, sehingga perasaan dan emosi negatif di masa lalu bisa dikendalikan. Meski sudah banyak yang melakukan, hipnoterapi untuk atasi depresi belum terbukti efektif dan masih menimbulkan pro-kontra. Berikut di antaranya.

Pro. Hipnoterapi sudah banyak digunakan untuk mengatasi kondisi medis tertentu, seperti membantu upaya berhenti merokok, nyeri kronis, gangguan kecemasan, irritable bowel syndrome (IBS), masalah konsentrasi, hingga kebiasaan menggeretak gigi. Hipnoterapi dianggap sebagai pilihan pengobatan yang aman karena hanya sedikit menimbulkan efek samping.

Kontra. Jika dilakukan sembarangan dan tanpa anjuran psikolog atau psikiater, hipnoterapi bisa menimbulkan efek samping berbahaya. Antara lain menciptakan memori yang salah (konfabulasi), rasa takut, kecemasan, dan amarah berlebihan. Kondisi ini semakin berbahaya jika seseorang tidak bisa mengatasi efek samping tersebut, sehingga memicu munculnya keinginan bunuh diri. Sebaiknya hipnoterapi dilakukan sebagai terapi tambahan dan bukan menjadi satu-satunya pilihan pengobatan depresi.


BANK MANDIRI SYARIAH
NO REK. 7149188309

A/N. LIHM

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*