Ibu stres, anak menjadi hipersensitif (atopy)

Redaksi New Jurnalis
0
ilustrasi ibu sedang stress / dok sumber goglee 

LIHM | Di antara kondisi sakit akibat stres yang mengkhawatirkan, ada yang disebut dengan atopy. Atopy adalah kondisi hipersensitif. Dewasa ini jumlah anak yang menderita iritasi kulit dan asma karena atopy meningkat. Dalam kondisi anak-anak penderita atopy di bawah usia 20 tahun, salah satu penyebabnya adalah stres pada ibu.


Apabila ibu merasa stres, maka anak akan merasakan hal tersebut. Karena anak-anak dalam masa pertumbuhan dan ibunya adalah sama dengan satu tubuh, maka banyak terjadi apabila ibu merasa stres maka anak akan memperlihatkan gejala atopy. Mengapa bukan si ibu yang terkena atopy tersebut? Karena ibu sudah hidup lebih lama maka ibu sudah memiliki sistem pertahanan tubuh. Sementara anak masih belum memiliki pertahanan tubuh maka si anak yang menjadi sakit menggantikan ibunya.


Terlebih lagi ibu yang dengan berdebar-debar mengatakan, "Bukankah anak saya akan terkena serangan lagi?" saat mengatakan hal tersebut, seperti "magic" si anak akan memperlihatkan respons yang demikian. Ada yang mengatakan hal tersebut sebagai, "Sakit yang berasal dari Ibu." Akan tetapi untuk menyembuhkan atopy si anak, sangat penting untuk terlebih dulu mengambil langkah untuk mengatasi stres sang ibu.


Dampak yang didapat dari stres dapat dijelaskan secara sederhana dalam ilustrasi di sebelah kiri. Pertemuan-pertemuan yang terjadi dalam perjalanan hidup kita pada dasarnya tidak ada perbedaan yang besar. Kekhawatiran/kesusahan dalam cinta, dalam pekerjaan, ataupun kesulitan dalam hubungan interpersonal dan lain sebagainya, meskipun ada perbedaan dalam setiap individu, jumlah stres yang dirasakan di hati tidak begitu berbeda.


Akan tetapi, bagaimanakah sesorang menghadapi stres tersebut apakah dengan positive thinking ataupun dengan negative thinking. Saat itu, cara bagaimankah yang dipilih akan membawa seseorang pada jalan yang sama sekali seperti yang diperlihatkan dalam ilustrasi. Mungkin masih ada bagian yang belum dijelaskan secara detail, tetapi secara garis besar sudah cukup mewakili dengan ilustrasi ini.


Layanan Hipnoterapi Jawa Timur 

www.lihm.or.id | www.psikologis.blog | Wa 081293881116

@sorotan Jakmas.com

Tags

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*