Notification

×

Iklan

Pemahaman dasar hypnosis bagi Anda yang ingin bisa mempraktekkan atau sekedar ingin tahu teori hypnosis

Thursday, October 20, 2022 | Thursday, October 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-20T13:07:55Z


Pemahaman dasar hypnosis bagi Anda yang ingin bisa mempraktekkan atau sekedar ingin tahu teori hypnosis di Indonesia, masih banyak orang yang menganggap hypnosis sebagai hal mistis dan sering dihubungkan dengan kejahatan. Padahal sebenarnya hypnosis adalah pengetahuan ilmiah dan sudah diakui oleh World Health Organization (WHO) sebagai cara pengobatan yang aman. Di negara maju seperti Amerika dan Inggris, sudah banyak dokter, psikiater, psikolog, maupun orang sipil yang menggunakan hypnosis untuk mengatasi berbagai masalah fisik maupun psikologis. 

Artikel ini menjelaskan wajah hypnosis yang sebenarnya. Hypnosis bukan supranatural. Hypnosis tidak mungkin bisa digunakan untuk kejahatan karena hypnosis bukan ilmu untuk menguasai orang lain, meskipun saya tidak menyangkal bahwa sugesti yang diberikan dalam kondisi hypnosis bisa sangat kuat pengaruhnya. Seseorang yang dihipnotis sekalipun akan menolak sugesti yang merugikan dirinya. Begitu pula apabila seorang terhipnotis diberi sugesti yang melanggar keyakinan dan norma-norma yang dianutnya, maka semua sugesti itu akan diabaikan atau bahkan orang terhipnotis akan bangun dari kondisi hypnosis. 

Jika hypnosis tidak ada hubungannya dengan supranatural dan kejahatan, lalu apakah hypnosis itu? Artikel ini dibuat untuk menjawab pertanyaan di atas. Setelah Anda mengenal hypnosis dengan benar, Anda akan punya kesempatan untuk merasakan banyaknya manfaat hypnosis atau bahkan Anda akan tertarik untuk mendalami ilmu ini.


  • Hypnosis adalah suatu kondisi yang menyerupai tidur yang dapat secara sengaja dilakukan kepada seseorang, di mana seseorang yang dihipnotis bisa menjawab pertanyaan yang diajukan, serta menerima sugesti dengan tanpa perlawanan.
  • Hypnosis adalah teknik atau praktek dalam mempengaruhi orang lain untuk masuk ke dalam kondisi trance hypnosis.
  • Hypnosis adalah suatu kondisi di mana perhatian menjadi sangat terpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya terima saran) meningkat sangat tinggi.
  • Hypnosis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorang sehingga mengubah tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak dari Beta menjadi Alpha dan Theta. 
  • Hypnosis adalah seni komunikasi untuk meng-eksplorasi alam bawah sadar  Hypnosis adalah kondisi kesadaran yang meningkat. 
Semua definisi di atas benar, karena menandakan salah satu atau beberapa gejala dari kondisi hypnosis. Akan tetapi apa yang diungkapkan diatas belum bisa mencerminkan apa yang paling unik dari hypnosis yang berbeda dari kondisi mental lain. Sebab itu, saya memilih menggunakan definisi hypnosis yang dibuat oleh U.S. Department of Education, Human Services Division, dikatakan bahwa; “Hypnosis is the bypass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment of acceptable selective thinking” atau “Hypnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran atau sugesti”.

No comments:

×
Berita Terbaru Update