Melahirkan Bayi yang Sehat, Lucu, Karena Hypnobirthing

Redaksi New Jurnalis
0
pexels wanita berpegangantangan


JAKMAS - Melahirkan bayi yang sehat, lucu, dan menggemaskan sudah tentu menjadi impian setiap perempuan. Tetapi bayangan kebahagiaan tersebut terkadang terganggu karena perasaan cemas pra-melahirkan. Menjelang proses melahirkan, tidak sedikit calon ibu yang mengalami rasa takut saat proses kelahiran. 

Perasaan takut ketika hendak melahirkan adalah hal yang wajar. Apalagi bagi mereka yang baru pertama kali melahirkan. Rasa cemas itulah yang justru memicu rasa sakit saat melahirkan. Rasa sakit muncul karena saat mau melahirkan, mereka merasa tegang dan takut, akibat telah mendengar berbagai cerita seram seputar melahirkan. Perasaan ini selanjutnya.

Membuat jalur lahir (birth canal) menjadi mengeras dan menyempit. Pada saat kontraksi alamiah mendorong kepala bayi untuk mulai melewati jalur lahir, terjadi resistensi yang kuat. Ini yang menyebabkan rasa sakit yang dialami seorang wanita. 

Untuk melewati proses itu, banyak hal yang perlu diperhatikan mulai dari kebutuhan fisik seperti gizi dan nutrisi hingga kebutuhan mental atau kejiwaan. Kedua kebutuhan ini harus seimbang karena berperan penting bagi setiap ibu saat melewati proses kehamilan hingga persalinan.

Satu hal yang sering dilupakan tetapi sebenarnya sangat penting adalah ketenangan pikiran. Padahal, bila ketenangan jiwa dan pikiran tercapai, banyak keuntungan yang diperoleh ibu, mulai dari menghilangkan keluhan ringan seperti mual muntah dan pusing, mengurangi rasa sakit saat melahirkan, hingga pembentukan mental bayi sejak dalam kandungan. 

Relaksasi kehamilan akan membantu ibu hamil untuk mencapai kondisi yang senantiasa rileks dan tenang, dimana efek dari kondisi ini akan berpengaruh pada ibu hamil dan lingkungannya hingga proses persalinan. Dengan kondisi rileks, gelombang otak akan menjadi lebih tenang sehingga dapat menerima masukan baru yang kemudian akan menimbulkan reaksi positif pada tubuh, dan sangat memungkinkan jika tubuh ibu akan mengikuti masukan baru yang diniatkan. Jadi jika ibu hamil telah melakukan relaksasi dan meniatkan kelahirannya agar lancar, tidak sakit, sehat, sangatlah mungkin jika proses kelahirannya akan sesuai dengan niat tersebut. 

Di sinilah hypnobirthing berperan besar, membantu memberikan kesiapan mental dan keyakinan untuk melahirkan secara alami dengan rasa sakit yang minimal. Hypnobirthing merupakan sebuah paradigma baru dalam pengajaran melahirkan secara alami. Teknik ini mudah dipelajari, melibatkan relaksasi yang mendalam, pola pernapasan lambat dan petunjuk cara melepaskan endorfin dari dalam tubuh (relaksan alami tubuh) yang memungkinkan calon ibu menikmati proses kelahiran yang aman, lembut, cepat. Dengan perasaan nyaman dan rasa sakit yang minimal, diharapkan ibu dapat berkonsentrasi mengejan demi kelancaran proses persalinannya.


Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*