Notification

×

Iklan

Iklan

APLIKASI HIPNOTERAPI

Wednesday, August 03, 2022 | Wednesday, August 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-03T05:45:40Z

APLIKASI HIPNOTERAPI

Prinsip kerja Hipnosis adalah membawa klien Subyek atau (subyek target) dari gelombang otak sadar (level Beta) menuju kondisi rileks, mendekati tidur (level alpha). Dalam kondisi ini gelombang Alpha-Theta lebih aktif sehingga sugesti (saran/perintah) yang ditanamkan seorang terapis lebih mudah diterima dan masuk pada alam bawah sadar. Kondisi ini dapat di manfaatkan untuk kepentingan terapi yang bersifat psikis dan atau penyakit fisik akibat dari faktor psikis. Organ tubuh manusia dikendalikan oleh system hormonal. Jika oleh suatu sebab keseimbangan itu terganggu, maka organ tubuh pun ikut terganggu fungsinya. Dan berbagai penyakit yang berkembang pada manusia modern adalah penyakit psikosomatik yang di akibatkan oleh gangguan kejiwaan (stres, kecemasan, depresi). kekebalan tubuh (imunitas) menurun hingga tubuh mudah terserang berbagai penyakit. Tetapi pada sisi lain, factor kejiwaan (psikis) jika diaktifkan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas) sehingga seseorang tidak mudah sakit, lebih cepat proses kesembuhannya.

Terapi hipnosis yang paling mendasar adalah mengajak klien (subyek) melakukan relaksasi. Yaitu, ketika klien sudah menunjukan respon positif, terapis memasukan kalimat-kalimat sugesti sesuai kasus yang dihadapi klien. Dan kalimat sugesti itu terekam pada alam bawah sadar klien sehingga mempengaruhi kondisi psikis dan fisiknya ke arah yang lebih positif.

Terapi hipnosis prosesnya murni dan berdasar dari kesepakatan antara klien dengan terapis. Peran terapis adalah membantu klien masuk dalam kondisi hipniotik (rileks karena pengaruh hipnosis) melalui skill yang dikuasainya. Proses tersebut sebenarnya sangat ilmiah dan tidak melibatkan unsur magis yang bertentangan dengan hukum agama, karena target dari terapi adalah memperkuat motivasi klien agar mampu mengaktifkan dan memprogram alam bawah sadarnya sehingga klien mampu menyembuhkan dirinya sendiri dengan kemampuan pikiran.

No comments:

×
Berita Terbaru Update